Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Kuliner
Kuliner > Kuliner Unik > Warung Makan Ikan Sidat Bu Is
Kuliner Rekomendasi Kotajogja.com

Warung Makan Ikan Sidat Bu Is

Lokasi: Jl. P. Purboyo, Kios Warak No.1, Sumberadi, Mlati, Sleman
"Nikmatnya Sidat Yang Menyehatkan"

Warung Makan Ikan Sidat Bu Is

Mendengar Ikan sidat mungkin yang terpintas dipikiran anda adalah sejenis belut. Ya.. Sidat sepintas memang seperti belut tetapi dengan ukuran yang lebih besar bahkan ada yang sampai 1 meter panjangnya. Sidat sendiri memang sangat jarang ditemukan, sehingga sulit menemukan makanan olahan dari Ikan Sidat.

Pagi ini tim kuliner kotajogja.com berkunjung ke salah satu warung yang menyediakan menu spesial Ikan Sidat. Warung Bu Is namanya, terletak di Jl. P. Purboyo, Kios Warak No.1, Sumberadi, Mlati, Sleman atau sekitar 1 Km arah utara perempatan Cebongan Sleman. Warung ini menyediakan hidangan spesial Ikan Sidat seperti rica - rica, sidat goreng, mangut sidat, sidat kukus dan ada beberapa menu lainnya. Warung Bu Is buka dari jam 09.00 sampai jam 17.00 sore.

Usaha warung makan ini menurut penuturan Bu Istiana berawal dari hobi sang suami yaitu memancing. Ketika beliau memancing sampai di daerah Cilacap, bertemu dengan para pengepul Ikan sidat. Sejak saat itu suami Bu Is berencana membuat sebuah warung makan dengan olahan ikan sidat. Sampai sekarang, warung ini mengandalkan suplai ikan sidat langsung dari para pengepul di daerah Cilacap Jawa Tengah.

Ikan sidat mengandung banyak gizi seperti protein, vitamin D dan E dan asam amino yang bisa menurunkan kolerterol jahat. Sehingga sangat pas bagi anda yang mempunyai kolesterol tinggi dan menghindari makanan - makanan berbahan dasar daging. Harga per porsi ikan sidat Rp 25.000, lumayan tinggi dikarenakan sampai saat ini ikan sidat belum bisa dibudidayakan sehingga mengandalkan pencarian dari para pengepul. Teksturnya sendiri sangat lembut dan beda dengan ikan - ikan lainnya.

Menurut cerita Bu Is, Warung makan sidat ini menjadi langganan seniman terkenal Butet Kertarajasa termasuk Juga Kerabat Kraton Yogyakarta Gusti Joyokusumo (Adik Sultan HB X). Selain itu juga sering menjadi langganan wisatawan - wiasatawan asal jepang dan korea, karena memang olahan sidat sangat terkenal di Negaranya. Bagi anda yang penasaran dengan rasa ikan sidat, silahkan datang di warung makan sidat Bu Is.(Fahmi Kotajogja.com)



Foto-foto Warung Makan Ikan Sidat Bu Is



You Can Try
Gudeg Mbarek Kadipiro Racikan Mbak Sulis

Dengan cekatan kedua tangan mbak Sulis menaburkan kuahnya ke setiap porsi gudeg yang dipesan para pengunjungnya. Perempuan paruh baya ini sudah cukup lama berjualan gudeg… more info