Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Kuliner
Kuliner > Legendanya Jogja > Sate Pak Yanto
Kuliner Rekomendasi Kotajogja.com

Sate Pak Yanto

Lokasi: Pasar Lempuyangan Tegal Kemuning Danurejan YK
"Cita Rasa Maknyus di Sudut Pasar Lempuyangan"

Sate Pak Yanto

Kepulan Asap putih tebal mengelilingi sosok pria yang tetap diam mengibaskan tangannya yang bersenjata kipas untuk meraih kesempurnaan hasil dari gerakannya tersebut. Percikan api tidak menyurutkan niatnya menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepadanya. Tetap tenang dan fokus untuk meraih hasil yang sempurna.

Adegan diatas bukanlah latihan di perguruan kungfu, silat ataupun shaolin. Cerita diatas hanyalah penggalan dari kesibukan sehari-hari warung sate Pak Yanto melayani pembeli. Tepat ulang tahun JLFR III saya memutuskan untuk memotong jalur dari rute yang ditentukan untuk menghilangkan rasa penasaran saya terhadap warung sate Pak Yanto.

Dengan ramah pria berbadan subur ini mengajak saya untuk berbincang ringan di tengah-tengah kesibukannya melayani pelanggan. “Sudah 23 tahun saya berjualan sate di Pasar Lempuyangan ini, sebelumnya saya bekerja ikut orang selama 19 tahun, selama masa bakti tersebut banyak hal yang saya pikirkan. Bagaimana bisa saya menyekolahkan anak saya dengan keadaan seperti itu. Akhirnya saya memutuskan untuk membuka usaha sendiri yaitu warung sate. Alhamdulillah keputusan saya membuahkan hasil dan bisa dibilang sukses buat saya dan keluarga,” ungkap pria berkacamata minus.

Terkait dengan cita-rasa dari warung ini, sudah tidak perlu dibuktikan. Pembeli rela menunggu antrian dengan wajah sumringah dikarenakan berbanding lurus dengan rasa yang didapatkan. Sajarwan Irawadi salah satu pembeli, sempat terlibat perbincangan dengan saya mengenai cita rasa warung sate pak Yanto. “Di warung ini menunggu bukanlah hal yang menjemukan, karena cita rasanya membuat saya kangen dan kembali lagi disini,” ujar ayah dua putra ini.

Sudah lebih dua dekade keberadaan Pak Yanto dengan warung satenya meramaikan dunia kuliner Jogja yang terus berkembang. Alhasil malam itu, penasaran dalam diri saya terjawab sudah dan apa yang dikatakan Pak Sajarwan terbukti benar, keinginan untuk kembali kesana akhirnya muncul ketika saya menyelesaikan tulisan ini. (konten: dian/270412/kotajogja.com)



Foto-foto Sate Pak Yanto



You Can Try
Gudeg Mbarek Kadipiro Racikan Mbak Sulis

Dengan cekatan kedua tangan mbak Sulis menaburkan kuahnya ke setiap porsi gudeg yang dipesan para pengunjungnya. Perempuan paruh baya ini sudah cukup lama berjualan gudeg… more info