Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Kuliner
Kuliner > Angkringan & Warung Tenda > Pasar Sore Ramadhan Kauman
Kuliner Rekomendasi Kotajogja.com

Pasar Sore Ramadhan Kauman

Lokasi: Kampung Kauman Gondomanan Yogyakarta
"Wisata Kuliner di Gang Sempit"

Pasar Sore Ramadhan Kauman

Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah. Setiap bulan Ramadhan tiba, tidak sedikit pasar dadakan yang digelar. Salah satu diantaranya pasar yang tertua yaitu, Pasar Sore Ramadhan Kauman di Yogyakarta. Pasar yang digelar setiap bulan Ramadhan itu, berada sejak tahun 1973 di sebuah gang sempit di Kauman, Gondomanan. Antrian panjang dan berdesakan bukanlah hal yang menjadi masalah bagi para pengunjung untuk sekedar melhat-lihat maupun untuk membeli makanan buat hidangan buka puasa.

Berbagai macam aneka rupa makanan kecil hingga makanan utama dijajakan para pedagang yang berbaris memanjang dari pintu gerbang sampai pertengahan jalan kampung. Bagi pecinta wisata kuliner Pasar Sore Kampung Kauman bisa menjadi khazanah di dunia kuliner. Makanan khas jajan pasar mendominasi hampir semua stand para pedagang. Sebut saja kue lumpur dengan warna kuning kontras dengan warna coklat kehitaman di bagian bawah serta penempatan di nampam warna merah membuat makanan ini mencuri fokus setiap pengunjung. “Kue lumpur ini menjadi salah satu favorit pengunjung, kita sering kewalahan dengan permintaan kue tersebut”, kata Bu Mardiah. 


Salah satu keunikan dari pasar sore di Kampung Kauman ini adalah pemandangan pengunjung  yang saling berdesakan satu dengan yang lain. Tidak ada  keributan antar pengunjung, toleransi pengunjung yang masuk dan keluar menjadi semacam kesepatakatan tidak tertulis. Keunikan yang lain tak ada kompetisi di antara para pedagang makanan itu. Semua menggelar dagangan dan semua percaya kepada rizki serta peruntungan masing-masing. Mereka bahkan saling bertukar uang kembalian, serta saling menawarkan dagangan tetangganya ketika mendengar ada permintaan pembeli yang tidak dapat dipenuhinya*. 

Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pengunjung, saudara-saudara kita yang kurang beruntung hanya diwajibkan untuk menyiapkan kalengnya di bibir pintu masuk. Selain itu pihak RT dan RW setempat bertanggungjawab sebagai pengelola pasar tersebut sehingga keteraturan bisa kita lihat di pasar sore ini. (contents:aan ardia/kotajogja.com) *http://onthelpotorono.wordpress.com



Foto-foto Pasar Sore Ramadhan Kauman



You Can Try
Sop Buntut Nyamleng dan Bikin Ketagihan

Lokasi: RM Parangtritis l Jl. Parangtritis KM. 9, Gabusan, Sewon, Bantul DIY l Telp. (0274) 6463170, 0858 7872 4300 l Fax.(0274) 367807 Dengan mengendarai kendaraan roda… more info