Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Kuliner
Kuliner > Kuliner Unik > Oseng Oseng Mercon
Kuliner Rekomendasi Kotajogja.com

Oseng Oseng Mercon

Lokasi: Jl. KHA Dahlan (depan eks kantor PP Muhammadiyah) Yogyakarta , Tlp.+62-274-550258
"Oseng - oseng super pedas bagai letusan mercon"

Oseng Oseng Mercon

Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan kalau makanan ini memiliki rasa  khas yang sangat pedas. ‘Mercon’ yang dimaksudkan pada oseng-oseng ini bukan bahan baku untuk peledak, tapi ini sekedar istilah karena bila anda mengkonsumsi oseng mercon, maka perut dan lidah anda akan terasa meledak-ledak karena sensasi pedas yang disuguhkan. Kuncinya?  porsi cabai yang lebih banyak dari oseng-oseng biasa.

Usaha warung makan ini yang digeluti oleh Bu Kardi sejak tahun 1965. Ia memperkenalkan resep hasil kreatifitasnya sendiri ini dengan mengolah sisa daging sapi (tetelan) yang  memang tidak digunakan untuk memasak karena terdiri dari campuran daging dan lemak.  Akhirnya setelah bereksperimen dengan paduan bumbu khusus terciptalah oseng mercon ini, siapa sangka kemudian masakan ini digemari banyak orang dan dicari banyak kalangan khususnya pecinta rasa pedas. 

Bahan baku oseng mercon seperti yang sudah disebutkan diatas berasal dari daging sapi pada bagian lemak, kulit, kikil, dan sedikit daging. Bumbu yang digunakan pun bumbu alami, seperti bumbu rempah-rempah, gula jawa, dan cabai rawit. Warnanya yang merah menyala membuat anda bersemangat ingin segera merasakan sensasi "merconnya".

Silakan untuk langsung mengunjungi Warung Oseng Mercon Bu Kardi yang lokasinya dekat gang SD Purwodiningratan di Jl. KHA. Dahlan, Yogyakarta. Saat ini warungnya telah diwariskan pada Bu Narti, putrinya sebagai generasi penerus. Warung ini dibuka sejak pukul 17.00 – 22.00 WIB. Untuk menikmati satu porsi oseng-oseng mercon, cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 12.000,00 lengkap dengan nasi dan lalapannya.

Menu lain yang ditawarkan ada Puyuh Goreng dan Burung Dara Goreng yang tentunya tidak kalah  nikmat. Untuk anda yang tidak terlalu suka makan masakan pedas, bisa mencoba menu ini. Kapan saja perut anda siap "diaduk-aduk" oseng mercon, segera mampir kesini, dijamin tidak akan kecewa. (Arisca Meir/kotajogja.com) 



Foto-foto Oseng Oseng Mercon



You Can Try
Lontong Sayur Labu Jawa

Dilihat sekilas menu ini sangatlah mirip dengan opor ayam, mulai dari kuah, suwiran daging ayam, dan memakai telor dengan tambahan satu plastik krupuk yang siap… more info