Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Puluhan Siswa Kulon Progo Ikut UN di SMKN 5 Yogyakarta


Puluhan Siswa Kulon Progo Ikut UN di SMKN 5 Yogyakarta

Puluhan siswa SMK dari Kulon Progo sejak dua hari lalu mengikuti Ujian Nasional di SMK N 5 Yogyakarta. Mereka berasal dari kelas kerajinan kayu dan tekstil SMK Muhammadiyah 2 Lendah Kulon Progo, dan SMK N 1 Kokap Kulon Progo.

"Di sini selain 403 siswa SMK N 5, juga ada siswa lain dari Kulon Progo. Dari 23 ruang kelas yang dipakai, dua kelas gabungan dipakai siswa SMK Muhammadiyah 2 Lendah sebanyak 19 siswa, dan dari SMK N 1 Kokap 14 siswa. Semuanya dari kelas kerajinan kayu dan tekstil," terang Suyono, Kepala SMK N 5 Yogyakarta, Rabu (17/04/2013).

Ia menerangkan lagi, siswa dari Kulon Progo terpaksa UN di Yogya, karena sekolah mereka memiliki siswa kurang dari 20 untuk jurusan tersebut. Sehingga menurut aturan harus digabung dengan sekolah lain yang memiliki kelas jurusan yang sama. "Yang ada seni kerajinan hanya di sini dan SMK Kalasan. Makanya ya dipindah ke sini. Yang menentukan dari Provinsi," imbuhnya.

Penggabungan ini menurutnya sudah tahun ketiga bagi SMK Muhammadiyah 2 Lendah. Sementara bagi SMK N 1  Kokap memasuki tahun kedua. "Penggabungan ini untuk UN-nya saja, dan perlakuannya sama antara mereka dan siswa SMK N 5," sambungnya.

Siswa dari SMK N 1 Kokap Kulon Progo menurutnya datang tiap hari menggunakan bus yang disewa sekolah mereka. Jam 06.00 pagi, para siswa sudah sampai ke SMK N 5 Yogya. "Sementara kalau siswa dari SMK Muhammadiyah Lendah, mereka dicarikann kos oleh sekolah mereka di daerah Jalan Sidobali, Balerejo. Jadi tidak perlu 'nglaju' tiap hari," pungkasnya.(krjogja.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya