Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Mahasiswa Yogyakarta Peringati Hari Tani


Mahasiswa Yogyakarta Peringati Hari Tani

Puluhan orang yang tergabung dalam Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN Sunan Kalijaga dan Komite Rakyat Bersatu, menggelar aksi di simpang tiga UIN Sunan Kalijaga Senin (24/9). Selain memperingati hari tani, massa juga menuntut pemerintah untuk memperhatikan kesejahteraan petani di Indonesia.

Kordum aksi dari Dema UIN, Abdul Kholid menuturkan, semangat UUPA nomor 5 tahun 1960 harus digelorakan ditengah gerusan arus korporasi dan liberalisasi pangan dan pertanian yang menyebabkan kemiskinan, kelaparan, konflik agraria dan kriminalisasi terhadap petani. "Petani masih terus menghadapi penggusuran lahan melalui ekspansi dan eksploitasi lahan untuk perkebunan, kehutanan, pertambangan dan lainnya," ujarnya.

Sementara, perwakilan Komite Rakyat Bersatu, Restu menyatakan, pertanian Indonesia saat ini dihancurkan oleh kebijakan-kebijakan yang pro perdagangan bebas. Kebutuhan pangan di Indonesia 65 persen bergantung pada impor. Petani juga semakin tercekik oleh harga pupuk dan bibit yang melonjak tinggi.

"Kondisi ini diperparah pula dengan rendahnya teknologi. Akhirnya hasil produksi petani lokal digilas oleh produk impor yang sangat murah. Petani semakin tersingkir dan kehidupannya jauh dari sejahtera," katanya.

Pihaknya menuntut pemerintah untuk bertanggung jawab atas kondisi yang dialami petani. "Cabut UU pengadaan tanah, berikan tanah untuk petani, laksanakan reformasi agraria sesuai UU PA dan hentikan represifitas terhadap petani," tegasnya.

Dalam aksinya, massa melakukan pembakaran ban ditengah jalan. Hal tersebut menjadikan lalu lintas diseputar aksi menjadi macet. Aparat terlihat melakukan pengamanan untuk menjaga ketertiban.(krjogja.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya