Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Kota Yogyakarta Percepat Perekaman E KTP


Kota Yogyakarta Percepat Perekaman E KTP

Walau telah melebihi target yang ditetapkan, Pemkot Yogyakarta diminta untuk melakukan percepatan perekaman E-KTP terhadap warga yang belum direkam. 

Hasil dari percepatan perekaman e-KTP terebut juga bisa dimanfaatkan sebagai data pembanding untuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014 yang akan ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta pada pertengahan Juni.

Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Deddy Feriza, Selasa (16/4), menyatakan dari 322.585 wajib KTP yang ada di Kota Yogyakarta, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta mencatat masih ada 50.510 warga yang belum melakukan perekaman data E-KTP. 

"Data tersebut akan kami serahkan ke wilayah pada Senin (22/4) melalui lurah dan camat untuk memudahkan verifikasi," terangnya.

Pihaknya memberikan batas waktu verifikasi hingga 15 Mei. Namun, bagi warga pindah datang dan telah melakukan perekaman E KTP di daerah asal, mereka tinggal memutakhirkan data.

Adapun warga yang belum melakukan perekaman, imbuhnya, disebabkan yang bersangkutan sudah tidak lagi berdomisili di Kota Yogyakarta.  Apabila dari hasil verifikasi tersebut diketahui bahwa warga yang bersangkutan tidak berdomisili di Yogyakarta, dimungkinkan data warga tersebut akan dibekukan dari basis data berjalan.

Dari data yang tercatat, misalnya, ada penduduk yang tidak memperbarui KTP-nya sejak 2003. Dengan data tersebut, ia berasumsi, warga tersebut dimungkinkan sudah tidak tinggal lagi di Kota Yogyakarta.

Perekaman E-KTP, imbuhnya, bisa dilakukan di kecamatan setempat atau di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Dari rekapitulasi perekaman data E-KTP pada 12 April, jumlah wajib KTP di Kota Yogyakarta tercatat sebanyak 322.585 orang. Wajib KTP yang sudah melakukan perekaman E KTP tercatat sebanyak 272.075 orang, sekitar 85 persen. 

 

Warga yang sudah merekam dan menerima E-KTP ada 216.625. Sedangkan yang sudah merekam dan belum menerima 55.450 orang. (metrotvnews.com) 







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya