Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Festival Gejog Lesung akan Digelar di Alun Alun Wates


Festival Gejog Lesung akan Digelar di Alun Alun Wates

Untuk melestarikan seni gejog lesung, Pemkab Kulonprogo, DI Yogyakarta, akan menyelenggarakan Festival Gejog Lesung. Kegiatan ini akan diikuti 12 kelompok dan digelar pada Sabtu (26/5) mendatang di Alun-Alun Wates, Kulonprogo.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kulonprogo Joko Mursito mengatakan, kegiatan ini untuk menggalakkan permainan gejog lesung, sekaligus membina dan meningkatkan kreativitasmasyarakat di bidang seni dan budaya.

Gejog lesung merupakan seni perkusi dengan menggunakan lesung sebagai alat musik. Lesung sendiri berupaalat penumbuk padi yang panjangnya sekitar dua meter san terbuat dari kayu yang dilubang mirip dengan perahu. Dengan pola pukulan yang berbeda beda, lesung akan mengeluarkan bunyi yang berbeda-beda. Pemukulnya adalah antan atau alu.

Lebih lanjut Joko mengemukakan, para peserta adalah perwakilan dari kecamatan masing-masing setelah mereka lolos audisi di tingkat kecamatan.

“Panitia akan memilih penyaji terbaik I, Terbaik II, Terbaik III, dan penyaji favorit. Para pemenang akan mendapatkan Trophy, Piagam Penghargaan, dan uang pembinaan,” kata Joko.(metrotvnews.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya