Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


DIY Akan Kelola Listrik Sendiri


DIY Akan Kelola Listrik Sendiri

Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah mengirimkan surat permintaan pengelolaan kelistrikan daerah secara otonomi kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Pusat.

Asisten Sekda DIY bidang Ekonomi Pembangunan, Astungkoro mengatakan, permintaan tersebut karena keinginan memandirikan perekonomian DIY. Dikatakan, permintaan sudah diajukan sejak 2009, namun ada jawaban sehingga Pemprov DIY mencoba kembali.

Selama ini, kata dia, pengelolaan kelistrikan DIY yang masuk ke dalam PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) DIY namun masih ikut wilayah Jawa Tengah. "Kami ingin pengelolaan kelistrikan berdiri sendiri dan fokus pada DIY saja. Kami berharap tahun ini segera direalisasikan," katanya.

Dengan otonomisasi pengelolaan listrik, katanya, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga dan industri. Apalagi, masih ada warga di 100 dusun belum teraliri listrik. Karena itu, DIY sudah melakukan persiapan mulai investasi pembangunan gardu listrik di Piyungan dan Kulonprogo.

Untuk merealisasikan permohonan tersebut, DIY berencana akan membangun sumber tenaga listrik hidrolik, terasuk menyiapkan perubahan Sumber Daya Manusia hingga sarana dan prasarana infrastrukturnya.(suarapembaruan.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya