Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Kerugian Bencana di Gunungkidul Rp 400 Juta


Kerugian Bencana di Gunungkidul Rp 400 Juta

Selama musim penghujan hingga akhir Januari, bencana alam di Gunungkidul mencapai 50 kejadian dengan korban 150 Kepala Keluarga (KK). Peristiwa ini mengakibatkan kerugian material mencapai Rp 400 juta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah melakukan penyaluran distribusi logistik, sedangkan bantuan stimulan bagi korban bencana dengan kriteria tertentu akan disalurkan sebesar Rp 40 juta.

“Kondisi geografis di Gunungkidul memang rentan terjadi bencana longsor dan angin kencang. Kejadiannya yang terjadi secara terpisah-pisah dan pemkab belum menentukan sebagai darurat bencana,” kata Kepala BPBD Gunungkidul Ir Budi Martono MSi usai menggelar rapat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah di ruang rapat IV pemkab, Jumat (25/1).

Dikatakan, berdasarkan evaluasi, ternyata, Gunungkidul masih kekurangan alat penanganan cepat bencana. Beberapa perlengkapan yang masih minim diantaranya alat pemotong kayu dan handy talky untuk berkomunikasi. Rencananya BPBD akan berkoordinasi dengan propinsi serta pusat, guna melengkapi peralatan yang masih diperlukan.

Terjadinya bencana tidak hanya tanggung jawab BPBD, tetapi juga instansi terkait. “Sesuai aturan yang baru, stimulant bagi korban bencana alam kini bukan melalui BPBD, tetapi lewat Dinas Pendapatan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD)”ujarnya.(krjogja.com)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya