Follow � JOGJA
Login
Lupa Password ?
Berita Jogja

Berita Utama Kotajogja


Berawal dari Hobi, Rustiningsih Jadi Pengusaha Sukses


Berawal dari Hobi, Rustiningsih Jadi Pengusaha Sukses

HOBI terkadang bisa mengantarkan seseorang menjadi lebih sukses dalam kehidupannya. Hal itu dialami oleh Rustininsih SP yang bisa menjadi pengusaha sukses lantaran kegemarannya terhadap boneka. Meski masih dikerjakan secara manual tetapi hasil produksinya tak kalah dengan hasil dari pabrikan.

Mengusung merek Rus`t Craft Rusti demikian panggilan akrabnya memulai usaha sejak tahun 2006. Setelah setahun berjalan, wanita murah senyum ini  pun memutuskan resmi mendirikan usahanya itu. Bahkan semua dijalani sendiri, lambat laun ada 1 orang yang ikut hingga kini mencapai 15 karyawan.

“Dulu saat masih kuliah saya hobi mengoleksi boneka. Sampai-sampai boneka numpuk di rumah. Saat wiusuda boneka saya jual dan ternyata laku juga,” ungkap Rustiningsih saat ditemuui KRJogja.com di tempat usahanya di Dusun Kamal Kulon Margomulyo Seyegan Sleman, baru-baru ini.

Dengan banyaknya peminat boneka membuatnya terinspirasi untuk menciptakan sendiri. Selain dapat membuat berbagai model dan bentuk, dengan produksi sendiri  untungnya lebih banyak. Tak hanya boneka, Rusti , begitu ia dipanggil, juga membuat berbagai macam pernak-pernik dan assesoris seperti gantungan kunci, tempat pensil, bantal mobil sampai merchandise.

Untuk membuat boneka dan berbagai macam assesoris ini digunakan kain perca. Dalam sebulan ia mampu memproduksi sekitar 1.500 item aneka kerajinan boneka dan berbagai assesoris lain. Tak hanya itu, Rus`t Craft sendiri telah dipercaya untuk membuat berbagai maskot seperti Segosegawe, PON di Kalimantan Timur dan berbagai perusahaan besar lainnya.

Kebanyakan produk Rus`t Craft dijuak di wilayah lokal Yogya. Tetapi berbagai hasil produksi telah merambah berbagai kota besar seperti Sidoarjo, Tanggerang, Kalimantan, Palembang, Jakarta dan kota-kota besar lainnya.  Sehingga sampai saat ini ada ribuan item produk boneka dan berbagai assesoris lain telah diciptakan Rustiningsih. Tak hanya boneka dan assesoris, alumi Fakultas Pertanian UMY ini juga telah menciptakan berbagai kaos anak dan dewasa dengan hiasan dari kain perca.

Hasil kerajinan Rus`t Craf ini dijual dengan harga Rp 5 ribu sampai Rp 170 ribu.  Saat libur Natal dan Tahun Baru kemarin permintaan meningkat 100 persen. Dengan berkembangnya pasar, Rusti mengaku mampu mengantongi omzet mencapai Rp 30 juta dalam sebulan.

Agar produk boneka dan berbagai kerajinan selalu baru Rusti selalu menerima masukan dari konsumen. Di Rus`t Craft sendiri mampu membuat boneka sesuai keinginan calon pembeli. “Untuk menambah inspirasi saya sering jalan-jalan ke mall atau melihat film kartun,” tegasnya.  (kr.co.id)







Profile Tokoh
Ngatinah - Legenda Gudeg Mercon Jogjakarta

Di usianya yang menginjak 60 tahun, Ngatinah tetap semangat dalam menjalankan bisnisnya yang dia rintis sejak tahun 1992. Wanita kelahiran Boyolali ini layak kita berikan… Selengkapnya